Ja ʿ jauh bin Muhammad Al-Shadiq (Arab: جعفر بن محمد الصادق) (702-765 M atau 17 Rabiul Awwal 83 AH - 25 Syawal 148 H) diyakini oleh Syi'ah Imamiyah dan Ismailiyah umat Islam untuk menjadi imam keenam (untuk Nizari, kelima), atau pemimpin spiritual dan penerus nabi Islam Muhammad. Dia adalah Imam yang diakui oleh Syi'ah Dua Belas Imam Ismailiyah dan sekte-sekte dan perselisihan yang ingin berhasil dia menuju ke sebuah divisi Syi'ah dalam Islam.
Al-Shadiq dikatakan sangat dihormati oleh Syiah dan Sunni Muslim untuk beasiswa besar Islam, karakter yang saleh, dan kontribusi akademik. Meskipun ia mungkin paling terkenal sebagai pendiri fiqh Syiah, yang dikenal sebagai yurisprudensi Ja'fari, ia punya banyak prestasi lain. Selain juga sebagai seorang Imam pada rantai Syiah, kehadirannya juga rahmat Sufi Naqshbandi. Ia adalah seorang polymath: seorang astronom, alkimiawan, Imam, Islam, teolog Islam, penulis, filsuf, dokter, fisikawan dan ilmuwan . Dia juga guru kimia yang terkenal, Jabir bin Hayyan (Geber), dan Abu Hanifah, pendiri Madh'hab Sunni.
Kelahiran dan kehidupan keluarga
Ja'far ash-Shadiq lahir di Madinah dari Ummu Farwah binti Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar pada tanggal 20 April 702 AD (17 Rabi 'al-Awwal, 83 Anno Hegirae). Dia memiliki ulang tahun yang sama seperti Muhammad.
Ja'far Al-Shadiq memiliki tiga gelar; mereka adalah As-Shadiq, Al-Fadhil, dan At-Tahir. Ayahnya, Muhammad al-Baqir (Shi'ah kelima Imam), jauh lebih bahagia dan senang dengan kelahiran putranya. Ibunya, Ummu Farwa, adalah putri agung Muhammad bin Abu Bakar, yang adalah anak dari khalifah Abu Bakr Siddiq.
Pernikahan dan keturunan
Jaf'ar menikahi Fathimah Al-Hasan, seorang keturunan Imam Hasan bin Ali, yang melahirkan dua anak laki-laki Ismail bin Ja'far (Imam Ismailiyah-menunjuk) dan Abd-Allah.
Setelah kematian istrinya Al-Shadiq membeli budak asal Afrika, Hamidah Khatun (bahasa Arab: همده خاتون), membebaskannya, terlatih sebagai cendekiawan Islam, dan menikah dengan [rujukan?]. Ia melahirkan Musa al-Kazim (Dua Belas Imam-menunjuk) dan dihormati oleh Shī'ah, terutama oleh perempuan, atas kebijaksanaan.
Pencapaian ilmiah
Sebagai seorang anak, Ja'far Al-Shadiq belajar di bawah kakeknya, Zayn al-Abidin. Setelah kematian kakeknya, ia belajar di bawah dan menemani ayahnya, Muhammad al-Baqir, sampai Muhammad al-Baqir meninggal pada 733.
Ja'far Al-Shadiq menjadi fasih di dalam ilmu-ilmu Islam, termasuk Hadis, Sunnah, dan Al Qur'an. Selain pengetahuannya tentang ilmu-ilmu Islam, Ja'far Al-Shadiq juga seorang ahli dalam ilmu-ilmu alam, matematika, filsafat, astronomi, anatomi, alkimia dan mata pelajaran lain.
Alkemis Islam terkemuka, Abu Musa Jabir bin Hayyan, dikenal di Eropa sebagai Geber, adalah Ja'far Al-Shadiq mahasiswa paling terkemuka. Ja'far Al-Shadiq dikenal karena pandangan liberal belajar, dan sangat ingin berdebat dengan ulama dari berbagai agama dan kepercayaan yang berbeda.
Abu Hanifah adalah seorang ulama dan ahli fikih Islam. Dia adalah seorang murid dari Ja'far Al-Shadiq, seperti Imam Malik bin Anas, yang mengutip 12 hadis dari Imam Ja'far Sadiq dalam Al-Muwaththa terkenal. [8]
* Para sarjana diyakini telah bersandar secara ekstensif dari Ja'far Al-Shadiq:
1. Jabir bin Hayyan - yang dikenal di Eropa sebagai Geber, seorang ahli kimia yang hebat.
2. Musa al-Kadzim - putranya, Shi'ah ketujuh menurut Imam Twelvers
3. Ismail bin Ja'far - putranya, Shi'ah ketujuh menurut Imam Ismailiyah
* Ulama yang juga dihadiri Ja'far Al-Shadiq kuliah atau belajar dari dia:
1. Abu Hanifah - pendiri mazhab Hanafi.
2. Malik bin Anas - pendiri mazhab Maliki.
* Lain yang kuliah dihadiri oleh Ja'far Al-Shadiq:
1. Washil bin Atha - pendiri aliran pemikiran Mu'tazili.
] Fikih
Ja'far ash-Shadiq Ja'fari yurisprudensi yang dikembangkan pada waktu yang hampir bersamaan dengan rekan fiqh Sunni hukum sedang dikodifikasi. Itu dibedakan dari hukum Sunni "pada hal-hal mengenai warisan, pajak keagamaan, perdagangan, dan status pribadi."
Bawah penguasa Umayyah
Ja'far Al-Shadiq tinggal di kekerasan kali. [Rujukan?] Ja'far Al-Shadiq dianggap oleh banyak pengikut Ali bin Abi Thalib menjadi imam Syi'ah keenam Namun, Shi'ahs dianggap bidah dan pemberontak oleh khalifah Umayyah. Banyak dari Ja'far Al-Shadiq kerabat telah meninggal di tangan Bani Umayyah. Tak lama setelah kematian ayahnya, Ja'far Al-Shadiq paman, Zaid bin Ali memimpin pemberontakan melawan Bani Umayyah. Ja'far Al-Shadiq tidak berpartisipasi, tapi banyak dari sanak saudaranya, termasuk pamannya, tewas, dan yang lainnya dihukum oleh Khalifah Bani Umayyah. [Rujukan?] Ada pemberontakan lain selama tahun-tahun terakhir ini Umayyah, sebelum Bani Abbasiyah berhasil menangkap dan menetapkan khalifah dinasti Abbasiyah pada tahun 750 Masehi, ketika Ja'far Al-Shadiq berusia empat puluh delapan tahun. [rujukan?]
Banyak faksi pemberontak berusaha meyakinkan Ja'far ash-Shadiq untuk mendukung klaim mereka. Ja'far Al-Shadiq menghindari permintaan mereka secara eksplisit maju tanpa klaim sendiri. Ia berkata kepada mereka dibakar surat (surat menjanjikan kepadanya khalifah) berkomentar, "Orang ini bukan dari saya dan tidak bisa memberikan apa yang ada di provinsi Allah". Ja'far Al-Shadiq's bijaksana diam pada pandangan benar dikatakan telah didirikan Taqiyya sebagai doktrin Syi'ah. Taqiyya mengatakan bahwa hal itu dapat diterima untuk menyembunyikan seseorang benar jika dengan mengungkapkan pendapat mereka, satu menempatkan diri sendiri atau orang lain dalam bahaya. [Rujukan?]
Insiden dan kesulitan, yang datang ke dalam kehidupan manusia dapat, mengukur dan mengetahui sejauh mana energi dan iman. Kesulitan, yang dipotong di kehidupan Ja'far Al-Shadiq dan kesabaran dan kesabaran, yang, ia menunjukkan ke arah mereka, menerangi kepribadian dan nilai. Apapun mereka (musuh) disalahgunakan dan menggodanya ia menunjukkan kesabaran dan kesabaran dan mengingatkan mereka. Dia tidak pernah mengutuk atau menggunakan bahasa kotor tentang mereka. [Rujukan?]
[sunting] Di bawah penguasa Abbasiyah
Penguasa Abbasiyah yang baru, yang telah naik ke tampuk kekuasaan atas dasar klaim bahwa mereka keturunan dari paman Muhammad 'Abbas bin' Abd al-Muththalib, yang sangat curiga terhadap Ja'far, yang banyak dianggap memiliki klaim yang lebih baik kekhalifahan. Ja'far ini diawasi dengan ketat dan kadang-kadang, memenjarakan untuk memotong hubungan dengan para pengikutnya. Ja'far mengalami penganiayaan dengan sabar dan melanjutkan studi dan menulis di mana pun ia menemukan dirinya.
Dia meninggal pada tanggal 14 Desember, 765. Ia diracuni oleh Al-Mansur. Ia dimakamkan di Madinah, di Jannatul terkenal Baqee 'kuburan.
Suksesi
Setelah Ja'far ash-Shadiq kematian pada masa pemerintahan Abbasiyah, berbagai kelompok Syi'ah diorganisir secara rahasia oposisi terhadap pemerintahan mereka. Di antara mereka adalah para pendukung Ismailiyah proto-masyarakat, di antaranya yang paling menonjol adalah kelompok yang disebut "Mubārakiyyah".
Ada Hadis yang menyatakan bahwa Ismail bin Ja'far "al-Mubarak" [rujukan?] Akan menjadi pewaris Imamah, serta negara yang Musa al-Kadzim adalah untuk menjadi penerus . Namun, Ismail predeceased ayahnya.
Beberapa mengklaim Ismail Shī'ah tidak meninggal, melainkan bersembunyi, tapi proto-kelompok Ismailiyah menerima kematian dan oleh karena itu bahwa putra tertuanya, Muhammad bin Ismail, sekarang Imam. Muhammad tetap berhubungan dengan ini "Mubārakiyyah" kelompok, yang sebagian besar tinggal di Kūfah.
Sebaliknya, Twelvers tidak percaya bahwa Ismail bin Ja'far pernah diberi nash ( "penunjukan Imamah") [10] [11], tetapi mereka mengakui bahwa ini adalah keyakinan populer di kalangan orang-orang pada saat [ 12]. Kedua Syaikh Tusi [10] dan Syaikh Al-Sadūq [11] tidak percaya bahwa penunjukan ilahi telah diubah (disebut Bada '), dengan alasan bahwa jika hal-hal yang sama pentingnya dengan Imamah menjadi subyek perubahan, maka dasar-dasar keyakinan dasar juga harus akan berubah. Jadi Twelvers menerima bahwa Musa al-Kazim adalah satu-satunya anak laki-laki yang pernah ditunjuk untuk Imamah.
Ini adalah titik awal perbedaan antara Twelvers dan proto-proto-Ismailiyah. Ini perselisihan atas pewaris yang tepat Ja'far telah menjadi titik pertikaian antara dua kelompok sejak saat itu. Perpecahan di antara Mubārakiyyah datang bersama kematian Muhammad. Mayoritas kelompok menyangkal kematian; mereka mengakui dirinya sebagai Imam Mahdi. Minoritas percaya dalam kematian-Nya dan akhirnya akan muncul di kemudian hari sebagai Ismailiyah Fatimiyah, leluhur kepada semua kelompok modern.
[sunting] Kutipan
* Barangsiapa menyerang sebuah masalah tanpa pengetahuan memotong hidungnya sendiri. [Rujukan?]
* Akal adalah petunjuk orang percaya. [Rujukan?]
* Kesempurnaan intelek adalah dalam tiga (hal): kerendahan hati untuk Tuhan, baik kepastian, dan berdiam diri kecuali untuk kebaikan. [Rujukan?]
* Ketidaktahuan dilakukan dalam tiga (hal): Kesombongan, intensitas perselisihan, dan ketidaktahuan tentang Allah. [Rujukan?]
* Tentu saja, pengetahuan adalah kunci dan kuncinya adalah pertanyaan. [Rujukan?]
* Ketika orang percaya menjadi marah, kemarahannya tidak boleh membawanya keluar dari kebenaran, dan ketika ia menjadi puas, kepuasannya tidak boleh membawanya ke kepalsuan. [Rujukan?]
* Beberapa perilaku yang bodoh adalah: jawabannya sebelum ia mendengar, oposisi sebelum ia mengerti, dan penghakiman dengan apa yang ia tidak tahu. [Rujukan?]
[sunting] Anekdot
Seseorang pernah bertanya kepada Ja'far Al-Shadiq untuk menunjukkan kepadanya Allah. Imam menjawab, "Lihat matahari." Pria itu menjawab bahwa ia tidak dapat melihat matahari karena terlalu terang.
Ja'far Al-Shadiq menjawab: "Jika Anda tidak dapat melihat yang diciptakan, bagaimana Anda bisa mengharapkan untuk melihat sang pencipta?"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih.