Sabtu, 03 Oktober 2009

Muhammad SAW

Sebelum datangnya agama Islam, tanah Arab dihuni suku-suku yang suka berperang. Pertentangan berlangsung selama beberapa generasi , dan kadang memuncak dalam pertarungan berdarah sehingga ratusan nyawa melayang. Kemusyrikan , menguasai kehidupan bangsa Arab, dan rumah suci tuhan yang dibangun oleh Nabi Ibrahim, dipenuhi oleh ratusan patung dewa sembahan. Mereka mempunyai pandangan keliru, dan demi martabat mereka tega membunuh anak-anak perempuannya sendiri secara ganas. Masyarakat telah jatuh pada tingkat yang terendah, feodalisme mencapai puncaknya dan rakyat miskin ditekan dan dieksploitir dengan  kejam. tidak ada keadilan bagi si lemah, dan pepatah "kekuasaan adalah kebenaran" berlaku dimana-mana.

Dalam situasi kegelapan yang meliputi jazirah arab tersebut, ditunjuklah seseorang untuk memperbaiki masyarakat di sana. orang itu bernama Muhammad bin abdullah bin abd mutholib. Belum pernah ada baik sebelum maupun sesudahnya , seseorang yang ditempatkan dalam situasi penuh pertentangan tapi behasil membersihkan masyarakatnya itu, dan diberinya bentuk baru yang lebih sehat, sehingga banyak mempengaruhi jalannya sejarah modern dan sejarah masa depan. Ajaran Muhammad yang praktis telah mengubah suku bangsa biadab menjadi orang-orang beradab, menyebabkan timbulnya revolusi paling hebat dalam sejarah manusia. Beliau adalah orang yang saleh, nabi terakhir dan tersebar, ajaran-ajarannya bersifat Universal, berlaku universal serta untuk sepanjang masa.

Muhammad lahir di mekkah tahun 571 M, dia adalah keturunan keluarga bangsawan arab, yaitu bani Hasyim dari suku Quraisy, suku yang dipercaya memelihara ka'bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim dan anaknya. Ismail. Ayah Muhammad bernama Abdullah, adalah anak bungsu dari kakeknya, abdul Muttalib, penjaga ka'bah. Abdullah meninggal dunia sebelum aanknya lahir. sedang ibu muhammad bernama Aminah, meninggal enam tahun kemudian.Muhammad muda diasuh oleh kakeknya, abdul muttalib. ketika kakeknya meninggal 2 trahun kemudian, Muhammad di asuh oleh pamanya , Abu Tholib, yang merupakan ayah dari Ali bin abi tholib tersebut.

Islam adalah agama yang diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw, melalui kitab suci Al-Quran. Kitab itu meliputi aturan hidup yang sempurna dasn muhammad telah menerjemahkannya ke dalam perbuatan, perkataan dan aturan- aturan yang ia buat semasa itu sesuai dengan konteks masyarakat yang ada saat itu. Muhammad memprokalmirkan kekuasaan Tuhan dan membebaskan manusia dari perbudaskan yang dikarenakan hubungannya yang tidak sehat dengan dewa mereka. Dia kemudian mengangkat martabat manusia, dan menpraktekan suri tauladan melalui ajaran persamaan, persaudaraan dan keadilan.

Beliau menanamkan ke-Esaan Tuhan, dan dengan demikian mengajarkan kesatuan dan dengan demikian mangajarkan kesatuan dan persamaan antara manusaia. dicelanya perbedaan wana kulit dan ras, dan beliau adalah "nabi bagi semua orang sehingga menjadi contoh yang sebenarnya dari kesatuan dan persaudaraan muslim". Muhammad lah yang menggerakan pendidikan dan mengajurkan "mencari Ilmu sampai ke negeri Cina". ditanamkannya kecintaan ilmu pengetahuan kepada orang-orang arab yang buta huruf, serta dibukanya jalan bagi prestasi intelektual sehingga menjadikan pelopor dalam dunia dan seni pada abad pertengahan.

Sebagai orang yang cinta damai, beliau memberi tauladan kepada dunia untuk diikuti. syarat-syarat perdamaian yang dibuatnya saat menaklukan mekkah adalah peristiwa yang penting dalam sejarah perjanjian antar bangsa. Tak seorang pun penakluk mau menawarkan syarat-syarat demikian lunak kepada kelompok yang dikalahkan , yang merupakan musuh bebuyutan dan selalu mengusik serta memfitnahnya. Bahkan musuh yang tervesar, Abu sufyan, pemimpin kelompok Quraisy yang keji itu tidak diganggunya. ketika sepuluh ribu tentara Islam yang terlatih akan menyeraeng Qurasiy mekkah, Nabi dengan keluhuran budinya dan tolereansi yan besar , memberi perintah agar tidak menyerang siapa pun . dan beliau menyatakan , siapa saja yang berlidung ke rumah Abu Sufyan akan dijamin keamanannya.

Sebagai administrator, Nabi menjalankan tugas yang kadang-kadang tampak mustahil, namun beliau mampu mengatasi situasi yang bagaimanapun sulitnya. Misinya adalah memberikan kemajuan kepada umat manus ia dan cengkraman perbudakan, baik mental maupun spriritual. beliau menerjemahkan ide-idenya yang mulai ke dalam perbuatan , misalnya dengan membangun suatu negara di madinah berdasarkan persamaan, kebebasan, persaudaraan, dan keadilan. selama hayatnya Muhammad telah melaksanakan tugas yang sangat berat. yaitu mempersatukan suku-suku arab yang suka berperang, membentuk mereka menjadi suaru kekuasaan yang mendorong terciptanya revolusi terbesar dalam sejarah manusia baik secara materi maupun mental.

Muhammad memiliki kemampuan berpikir dan keberanian yang sangat tinggi luar biasa. Beliau seorang yang berbudi luhur yang tidask pernah mencaci siapa pun. Bila sahabat meminta beliau untuk mengutukorang yang menganiayanya, beliau malah memohon agar orang tersebut diberi petunjuk jalan yang benar. dalam berhubungan dengan sanak keluarga ataud engan orang asing nabi sama sekali tidak memihak. Beliau menolak adanya seoreang pembantu rumah tangga bagi putri kesayangan beliau, Fatimah yang keckan dan sangat membutuhkan seorang pembantu, beliau memberi nasehat agar membantu sanak kelauarga, para tetangga, dan orang-oreang yang memerlukan bantuan sesuai dengan kemampuan mereka.

Dalam buku warisan islam (the legacy of islam , David Santilaan menulis "nabi mengutarakan kata-kata yang mempesona dalam berhubungan dengan tetangga: berbaik budilah engakau dengan tetanggamu,. tariklah selubung dari mukanya, hindari pertengakaran, perhatikan mereka dengan rasa kasih sayang ; jika dia berbuat jahat maafkanlah dia, jika dia berbuat baik kepadamu ucapkanlah terima kasih kepadanya."

Sejarawan barat terkenal, Edward Gibbon: hal yang baik dari muhammad adalah , beliau membuang jauh kecongkaan seorang raja.. rosul allah itu melakukan kerja kasar di rumah, menyalakn api, menyapu lantai , memerah susu sapi dan memperbaiki sendiri sepatu-sepatu dan baju wol beliau.. Beliau meremehkan penebusan dosa dan manfaatnya bagi seorang petapa, tetapi sebagai orang arab dan seorang prajurit yang suka berpuasa, beliau melakukannya dengan sangat mudah. Pada saat-saat khdimat, para sahabat dijamu dengan keramahtamahan dan makanan yang berlimpah, meskipun berminggu-minggu berlalu tanpa ada api menyala di tungku rumah mereka.

Penulis Inggris Robert Briffault yang menghargai ajaran-ajaran nabi besar islam itu, mengatakan : " ide kebebasan bagi semua umat manusia , ide persaudaraan antar umat manusia , ide persamaan antar semua manusia terhadap hukum dan pemerintahan yang demokrasi dengan cara konsultasi dan hak pilih yang umum , ide-ide yang mengilhami revolusi prancis dan deklarasi hak-hak manusia yang menuju kepada penyusunan konstitusi amerika dan membakar semangat perjuangan di negara-negara amrika latin , bukanlah ciptaan barat. ide-ide itu medapatkan ilham dari sumber utama di dalam kitab suci Al-Quran . ide-ide tersebut merupakan saripati yang diperoleh para sarjana Eropa abad pertengahan dari islam dalam masa berabad-abad, melaui bebargai rgam bengutk masyarakat yang berkembang di eropa setalah pereang salib, yaitu dengan meniru persaudaraan dalam islam. sangat mungkin sekali, tanpa adanya orang-orang islam itu kebudayaan eropa modern tidak akan ada sama sekali.Dan dapat dipastikan, tanpa orang islam tentu tak dapat diperkirakan ciri-ciri yang telah memungkinkannya melebihi semua fase evolusi sebelumnya.  

Dikutip dari buku : Seratus Muslim Terkemuka (Hundred Great Muslims). jamil ahmad,  1976



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih.